Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement Division (STAD) melalui penelitian tindakan kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study yang mempunyai 3 tahapan yaitu pland, do, dan see. Penelitian terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Upaya yang dilakukan dosen model berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement Division. Hasil ditunjukan dari peningkatan presentase pada kemampuan kolaborasi mahasiswa dari 73,67% pada siklus I menjadi 78,17% pada siklus II. Kata kunci: kolaborasi, mahasiswa, pemberdayaan, model pemebelajaran, Student Teams Achiievement Division, Lesson Study, PTK
Downloads
References
achievement divisions (stad) dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau
dari minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Negeri di kabupaten kudus.
Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, .2(2), pp. 185 – 198,
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6.
Jakarta: Rineka Cipta
Darmawan, Ragil. (2018). Penerapan kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan
kolaborasi, hasil belajar dan respon siswa kelas X TKR 1 pada mata pelajaran pekerjaan
dasar teknik otomotif di SMKN 1 Kalianget. JPTM, 6(3), 53-58
Fauzi, Ahmad. (2015). Manajemen Pembelajaran (edisi revisi). Yogyakarta: K-Media
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skill: A Guide to Evaluating Mastery and
Authentic Learning. United States of America: Corwin A Sage Company.
Haryati, P.S., Yudana, M., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Student Teams Archievement Division (STAD) Berbasis Asesmen
Kinerja terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Bakat Numeric pada Siswa
Kelas X SMKN 3 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Singaraja:
Universitas Pendidikan Ganesha 3 (1).pp.1-10
Lee, Huh, Reigeluth. (2015). Collaboration, intragroup conflict, and social skills in projectbased learning. Instructional science. Volume 43, Issue 5, pp 561–590. Springer.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
McDowell, C., Werner, L., Bullock, H. & Fernald, J. (2002). The Effect of Pair Programming on
Performance in an Introductory Programming Course dalam ACM Special Interest
Group of Computer Science Educators, pp.38-42.
Nagappan, N., Williams, L., Ferzli, M., Yang, K., Wiebe, E., Miller, C., & Balik, S. (2003).
"Improving the CS1 Experience with Pair Programming" dalam SIG CSE 2003, 359-362.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: UMM
Press.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: UMM
Press.
Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di Sman 1
Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1),33-41 DOI:
https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127
Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. Retrieved
September 10, 2019, from http://www.p21.org/our-work/p21- framework/P21
_Framework_Definitions_New_Logo2015.pdf
Rahayu. (2003). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama
Rohman, Arif. (2013). Model pembelajaran inter-teams game tournament untuk
pengembangan kemampuan kolaborasi mahasiswa calon guru. Jurnal Penelitian Ilmu
Pendidikan, 6(1), 1-10
Nilson, Sarah. (2019). Collaborative Learning. (tersedia di http://www.sarahnilsson.org/
learn/collaborative-learning/)
Suyanto, (2009). Olimpiade Sains Nasional 2009 Ajang Unjuk Prestasi Siswa Indonesia.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Williams, L., Wiebe, E., Yang, K., Ferzli, M., & Miller, C. (2002). In Support of Pair Programming
in the Introductory Computer Science Course dalam Computer Science Education, 12,
3, 197-212.
Yusron, N. (2005). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Copyright (c) 2021 Suryo Widodo, Jatmiko, Ika Santia, Yuni Katminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.