KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MEMBUAT SOAL KONTEKSTUAL

  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Pembelajaran matematika yang bermakna sudah banyak dilakukan guru. Tetapi masih banyak siswa kita yang sulit belajar matematika. Untuk mempermudah atau menarik siswa agar mau belajar matematika maka mateari matematika yang diajarkan harus dekat dengan dunia siswa. Pembelajaran matematika yang demikian dikenal dengan pendekatan kontekstual secara khusus di Indonesia dikenal dengan pendidikan matematika realistic. Masalah berikutnya yang muncul adalah bagaimana kemampuan guru membuat atau mendesain soal kontekstual? Dengan memberikan tugas membuat soal pada guru matematika di MGMP Matematika Kediri diperoleh hasil bahwa, 64% soal yang dibuat guru termasuk soal kontekstual, sedangkakan 36% soal buatan guru tidak termasuk soal kontekstual. Soal kontekstual yang dibuat guru menurut klasifikasinya, terdapat 6% soal kontekstual personal, 18% soal kontekstual sekolah/akademik, 20% soal kontekstual masyarakat/publik dan 56% soal kontekstual saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-11
How to Cite
Widodo, S. (2021). KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MEMBUAT SOAL KONTEKSTUAL. Repository Publikasi Ilmiah. Retrieved from https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/33
Section
Proceeding
Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 79 times