Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP Dalam Membuat Soal Matematika Kontekstual (Studi Kasus Guru JM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Matematika)
Abstract
Tren penelitian pendidikan matematika ditanah air mayoritas peneliti menjadikan siswa ataupun mahasiswa yang belajar matematika sebagai subjek penelitiannya. Sangat kecil sekali prosentase peneliti baik dari kalangan mahasiswa ataupun dosen yang tertarik untuk menjadikan guru ataupun orangtua sebagai subjek dalam penelitian mereka. Tujuan penelitian ini mengungkap berpikir kreatif guru matematika SMP dalam membuat soal matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru yang telah tersertifikasi berdasarkan kualifikasi akademik. Dalam kasus ini subjek penelitian satu orang guru matematika JM dengan kualifikasi akademik S-1 matematika. Metode pengumpulan data dengan wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) JM mensintesis ide membuat soal berdasarkan konteks, rumus dan ukuran, bentuk tampilan soal baik berupa gambar maupun dialog verbal, soal yang telah dibuat sebelumnya; (2) JM dalam membangun ide memperhatikan kategori soal yang diminta dan klasifikasi masalah matematika, kebaruan pertanyaan, kesetaraan soal-soal yang dibuat dan penampilan soal yang menarik; (3) JM dalam merencanakan penerapan ide terlihat produktif dan lancar, kemudahan dalam menggambar, melihat kembali sintesis yang dilakukan; (4) JM dalam penerapan ide terlihat lancar hal ini juga dapat dilihat dari kebenaran dalam menyelesaikan hasil tugas kecuali untuk membuat soal dengan banyak cara selesaian, serta mempertimbangkan konteks yang dekat dengan lingkungan siswa.
Downloads
Copyright (c) 2021 Suryo Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.