Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP Dalam Membuat Masalah Matematika Kontekstual (Studi Kasus Guru PM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Pendidikan Matematika)

  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Dalam pembelajaran guru dianjurkan untuk menggunakan masalah kontekstual, yaitu masalah yang ada pada lingkungan siswa. Namun sangat sedikit guru yang dapat membuat masalah kontekstual sendiri, begitu juga buku-buku teks yang ada biasanya berlaku secara nasional. Tujuan penelitian ini mengungkap berpikir kreatif guru matematika SMP dalam membuat masalah (soal) matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru yang telah tersertifikasi berdasarkan kualifikasi akademik (S-1 matematika dan S-1 pendidikan matematika). Dalam kasus ini subjek penelitian satu orang guru matematika PM dengan kualifikasi akademik S-1 pendidikan matematika. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) PM mensintesis ide membuat soal berdasarkan konteks, rumus dan ukuran, bentuk tampilan soal baik berupa gambar maupun dialog verbal, soal yang telah dibuat sebelumnya; Dalam mensintesis ide subjek PM mendasarkan pada konteks soal, bilangan dalam ukuran panjang benang, tampilan soal bentuk dialog, dan soal yang pernah dibuat sebelumnya. (2) Dalam membangun ide subjek PM tidak mengalami kesulitan (lancar), dengan memperhatikan kategori soal yang diminta, klasifikasi masalah matematika, mempertimbangkan kesetaraan soal-soal yang dibuat serta membuat penampilan soal agar menarik siswa (3) Dalam merencanakan penerapan ide subjek PM terlihat produktif dan lancar dengan mempertimbangkan kemudahan dalam menggambar, melihat kembali sintesis yang dilakukan, kedekatan konteks dengan kehidupan siswa, hal yang aktual atau yang sedang tren saat ini. (4) Dalam penerapan ide subjek PM dapat menghasilkan soal “baru’ karena dia belum pernah membuat soal seperti itu, yakin bahwa soal yang dibuat memiliki solusi (benar), serta memuat konteks yang dekat dengan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-11
How to Cite
Widodo, S. (2021). Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP Dalam Membuat Masalah Matematika Kontekstual (Studi Kasus Guru PM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Pendidikan Matematika). Repository Publikasi Ilmiah. Retrieved from https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/39
Section
Proceeding
Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 31 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>