Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real

  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: emampuan Berpikir Kritis, Mahasiswa Pendidikan Matematika, Analisis Real

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan pemikiran reflektif dan masuk akal yang berfokus pada pengambilan keputusan tentang apa yang kita akan lakukan atau apa yang kita yakini. Berpikir kritis penting dalam kaitannya dengan pemecahan masalah. Pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah tersebut belum terlihat pada proses pemecahan masalah analisis real mahasiswa pendidikan matematika di Kediri. Oleh karena itu dilakukan penelitian kualitatif eksploratif yang bertujuan mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika dalam memecahkan masalah analisis real. Pesertanya adalah 24 mahasiswa semester 5 program studi pendidikan matematika dalam kelas matakuliah analisis real I di Universitas Nusantara PGRI Kediri yang digunakan sebagai kelas Lesson Study. Dari 24 peserta terpilih 2 subjek penelitian berdasarkan kelengkapan langkah penyelesaian masalah. Adapun hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat dua mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan pemenuhan setiap indikator berpikir kritis pada langkah pemecahan masalah analisis real.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our Prospective
Mathematic Teachers are Not Critical Thinkers Yet. Journal on
Mathematics Education, 8(2), 145-156.
Baker, M. (1991). Relationships Between Critical and Creative Thinking. Texas
Tech University. Press
D. Bok, (2006). Our Underachieving Colleges: A candid look at how much
students learn and why they should be learning more. Princeton: Princeton
University Press.
D. Halpern, (2001). Assessing the Effectiveness of Critical Thinking
Instruction. Journal of General Education, 50(4): 270-286.
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills.
Educational Leadership, 43(2), 44-48.
Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and
Needed Research. Educational Researcher, 18(3), 4–10
Facione, P. A. (2000). The Disposition toward Critical Thinking: Its Character,
Measurement, and Relationship to Critical Thinking Skill. Informal Logic,
20(1), 61-84. doi: 10.22329/il.v20i1.2254
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating
Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
Santia, I., Purwanto, Sutawidjadja, A., Sudirman, & Subanji. (2019). Exploring
Mathematical Representations In Solving Ill-Structured Problems: The
Case Of Quadratic Function. Journal on Mathematics Education, 10(3),
365-378
Taube, K. T. (1995). Critical Thinking Ability and Disposition as Factors of
Performance on a Written Critical Thinking Test. The Journal of General
Education, 46(2), 129–164
Published
2021-01-07
How to Cite
Widodo, S., Santia, I., & Jatmiko. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Repository Publikasi Ilmiah, 1-14. Retrieved from https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/15
Section
Articles
Abstract viewed = 151 times
PDF downloaded = 64 times