PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENDUKUNG KREATIVITAS DAN BERPIKIR KREATIF

  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: Kreativitas, berpikir kreatif, PBI

Abstract

Kita percaya bahwa anak harus belajar berpikir kreatif dan kritis untuk mengkomunikasikan pikirannya secara efektif, bekerjasama, menjaga hubungan positif dengan yang lain. Guru harus dapat bertindak sebagai pengelola belajar siswa. Sehingga guru harus dapat menyediakan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan memberi kontribusi terhadap berkembangnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Pembelajaran berdasarkan masalah (PBI) merangsang berpikir tingkat tinggi dalam situasi yang berorientasi masalah, termasuk di dalamnya belajar bagaimana belajar. We belief that children must learn to think creatively and critically, to communicate effectively through talk, to co-operate and to build positive interpersonal relations with others. Teachers must view ourselves as managers of children learning. Problem base instructions stimulate to higher-order thinking in situation that orient problem, including in it learning how to learn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amabile, Teresa M.& Tighe, Elizabeth. 1993. Questions of Creativity. Dalam Brockman,
John (ed.). Creativity. The reality Club 4. h. 7-27. New York: Touchstone, Simon
& Schuster
Arends, Richard I. (1997) Classroom Instruction and Management. New York: The
McGraw-Hill Companies, Inc.
Arishanti, Ananta, Clara, Pengembangan kreativitas dan keberbakatan,
http://klara_ia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9087/Handout%2BKreativ
itas.pdf, diakses 11 Pebruari 2009.
Arlinah I.R. Mengembangkan Pola Berpikir Kreatif Atau Berpikir Kritis
Pada Anak: Mana Lebih Penting? Makalah disajikan dalam Seminar Orang Tua
Murid SDKr. MDC Surabaya, 1 Mei 2004
Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching And Learning, what it is and why it’s here to
stay. Thaousand Oaks: Corwin Press, Inc.
Krulik, S., & Rudnick, J. A. 1996. The new sourcebook for teacing reasoning and
problem solving in Junior and Senior High School. Boston: Allyn and Bacon.
Lewis, A.& Smith, D. 1993. Defining higher order thinking. Dalam Donmoyer, R.&
Merryfield, M.M.(Eds): Theory into practice: Teaching for higher order thinking.
32(3). pp. 131-137.
Marzano, R. J. 1993. How classroom teachers approach the teaching of thinking. Dalam
Donmoyer, R.& Merryfield, M.M.(Eds): Theory into practice: Teaching
forhigher order thinking. 32(3). pp. 148-153.
Matlin, Margaret W. (1994) Cognition Fourth Edition. Harcaourt Brace College
Publishers.
Munandar, Utami (1999) Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Depdikbud
dan Rineka Cipta.
Orton, A., 1992, Learning Mathematics : Issues, theory and classroom practice, Cassel,
London.
Pehkonen, Erkki. 1997. “The State-of-Art in Mathematical Creativity”.
http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volume 29 (June 1997)
Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. diterima, 12 November 2009.
Polya, G. (1973) How to Solve It. Second Edition. Princeton University Press.
princeton, New Jersey.
Ruggiero, Vincent R. (1998). The Art of Thinking. A Guide to Critical and Creative
Thought. New York: Longman, An Imprint of Addison Wesley Longman, Inc.
Santyasa, Wayan. I. 2004. model problem solving dan reasoning sebagai alternatif
pembelajaran inovatif, Makalah. http://www.freewebs.com/santyasa/PDF_Files
/PROBLEM_SOLVING_DAN_RESEANING.pdf, diterima, 12 November 2009.
Semiawan, Conny. A.S Munandar, S.C.U Munandar (1990) Memupuk Bakat dan
Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Petunjuk bagi Guru dan Orang Tua. PT
Gramedia: Jakarta.
Siswono, Tatag Y. E., 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifkasi
Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah
Matematika. Disertasi, Program Pasca Sarjana Unesa Surabaya. Tidak
dipublikasikan.
Solso, Robert L. (1995) Cognitive Psychology Needham Heights, MA: Allyn & Bacon
Sternberg, R.J. 2006. Psikologi Kognitif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suparno, P. 1997. Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Wahidin, Didin. 2009. Berpikir Kreatif. Makalah. http://didin-uninus.blogspot.
com/2009/03/berpikir-kreatif.html, diterima, 29 oktober 2009
Wycoff Joyce.,2002. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran.
Bandung: Penerjemah Marzuki Rina S Mizan Media Utama.
Published
2021-01-07
How to Cite
Widodo, S. (2021). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENDUKUNG KREATIVITAS DAN BERPIKIR KREATIF. Repository Publikasi Ilmiah, 43-53. Retrieved from https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/27
Section
Articles
Abstract viewed = 91 times
PDF downloaded = 22 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>