KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL

(Studi Kasus Guru JM Dengan Kualifikasi Akademik S-1 Matematika)

  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: berpikir kreatif, produk kreatif, soal matematika kontekstual

Abstract

Sejak diterapkan kurikulum 2013, tren penelitian pendidikan matematika adalah untuk meningkatkan kreativitas. Telah banyak penelitian yang mengungkap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tetapi jarang peneliti yang mengungkap proses berpikir kreatif siswa hingga menghasilkan suatu produk yang kreatif. Tujuan penelitian ini mengungkap keterkaitan antara proses berpikir kreatif dengan produk kreatif guru matematika SMP dalam membuat soal matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru matematika SMP Jimy (nama samaran), dengan kualifikasi akademik S-1 matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) Jimy telah berhasil membuat produk kreatif (soal matematika kontekstual) yang memenuhi indikator kelancaran, fleksibel dan kebaruan; (2) proses berpikir kreatif Jimy dalam membuat soal matematika kontekstual mengikuti urutan tahap sintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, sintesis ide, merencanakan penerapan ide dan penerapan ide.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amabile, T. M., 1996. Creativity in Context: Update to "The Social Psychology of
Creativity". Westview Press, Boulder.
Career Center Maine Department of Labor (2001). Today’s Work Competence in
Ma
ine. [Online]. Tersedia: http://www.maine.gov/labor/lmis/pdf/
Essential WorkCompetencies.pdf. Diakses 2 Pebruari 2011.
Dyers, J.H. et al. 2011. Innovators DNA: Mastering the Five Skills of Disruptive
Innovators, Harvard Business Review.
Fisher R. & Williams M. (eds). 2009. Unlocking Creativity Teaching Across the
Curriculum. New York: Springer.
Fisher, R. 1995. Teaching Children to Think. Celtenham, United Kingdom:
Stanley Tomes Ltd.
Guilford,J.P. 1957. Creative ability in the art, Psychological Review. Vol. 64. Pp.
110-18.
Jones, T.P. 1972. Creative Learning in perspective. London: University of London
Press.
Kaufman, JC. and Stenberg, RJ. 2010. The Cambrite Handbook of Creativity, New
York: Cambridge University Press.
Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 68
Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah
Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Krulik, Stephen dan Jesse A Rudnick. 1995. A New Sourcebook for Teaching
Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Massachussets:
A Simon & Schuster Company.
Matlin, Margaret W. 1998. Cognition. Fort Worth: Harcourt Brace College
Publishers
Meusburger P., Funke J. & Wunder E. (Eds). 2009. Milieus of Creativity: An
Interdisciplinary Approach to Spatiality of Creativity. New York: Springer.
Munandar, S.C. Utami. 1999. Kreativitas & Keberbakatan. Strategi Mewujudkan
Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Runco, M. A. 2007. Creativity. Boston: Elsevier.
Silver, Edward A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in
Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing.
http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June
1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Download 12 Juli
2008.
Siswono, Tatag Y. E., 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan
Identifkasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan
Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi, Program Pasca Sarjana Unesa
Surabaya. Tidak dipublikasikan.
Starko, Alane J. 2010. Creativity in the classroom : schools of curious delight.
Fourth Edition. New York: Routledge Taylor & Francis.
Sternberg, R. J. (Ed.). 1999. Handbook of creativity. New York: Cambridge
University Press.
Suryadi, D. 2003. Pengembangan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi.
Kajian Mandiri I. UPI Bandung: Tidak di terbitkan.
Widodo, Suryo. 2012. Profil Kreativitas Guru SMP Dalam Membuat Masalah
Matematika Kontekstual Berdasarkan Kualifikasi Akademik. Prosiding
Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA Tanggal 10
November 2012 di Universitas Negeri Yogyakarta. ISBN: 978-979-16353-
8-7
Published
2021-01-07
How to Cite
Widodo, S. (2021). KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL. Repository Publikasi Ilmiah, 1(1), 97-112. Retrieved from https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/29
Section
Articles
Abstract viewed = 126 times
PDF downloaded = 74 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>